Semester 5
Fokus mata kuliah ini adalah pada pemenuhan kebutuhan keselamatan pasien serta kesehatan dan keselamatan perawat saat memberikan asuhan keperawatan klien. Aspek penting yang harus menjadi perhatian adalah keselamatan pasien dan mengatur lingkungan pelayanan keperawatan dalam pemberian asuhan keperawatan yang aman dari hazard dan risiko kesehatan di tempat kerja baik di dalam maupun di luar gedung. Konsep dasar kesehatan kerja diterapkan dalam setiap tahap proses keperawatan sejak pengkajian hingga evaluasi. Pembahasan ditekankan pada upaya mengenali hazard dan risiko serta berbagai upaya meminimalkannya pada setiap tahap proses keperawatan. Proses pembelajaran dilakukan melalui belajar berdasarkan pertanyaan/ question based learning (QBL), collaborative learning (CL), belajar berdasarkan kasus atau masalah/ case or problem based learning (CBL or PBL), klarifikasi narasumber melalui ceramah interaktif, dan role play.
- Pengajar: Prodi S1 Ilmu Keperawatan
- Pengajar: Hasbullah Hasbullah
- Pengajar: Prodi S1 Ilmu Keperawatan
Fokus mata kuliah
keperawatan keluarga adalah pembahasan tentang konsep keluarga, kesehatan
keluarga, konsep keluarga sejahtera, asuhan keperawatan keluarga pada tiap
tahap perkembangan keluarga yang menanti kelahiran, keluarga dengan bayi,
keluarga dengan anak toddler, keluarga dengan anak prasekolah, keluarga dengan
anak sekolah, keluarga dengan anak remaja, keluarga dewasa dan lansia, masalah
Kesehatan yang lazim di Indonesia.
- Pengajar: FUADAH FAHRUDIANA
- Pengajar: Prodi S1 Ilmu Keperawatan
- Pengajar: Prodi S1 Ilmu Keperawatan
- Pengajar: PIRA PRAHMAWATI
Fokus mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kesehatan dan keperawatan komunitas, program-program kesehatan/kebijakan pemerintah dalam menanggulangi masalah kesehatan prioritas di Indonesia, asuhan keperawatan komunitas dan pembahasan yang terkait isu dan kecenderungan masalah kesehatan komunitas.
Mata kuliah ini berguna dalam memahami konsep dasar keperawatan komunitas dan berbagai area khusus dalam keperawatan komunitas terutama terkait dengan masalah kesehatan yang lazim terjadi di Indonesia, dan memahami mekanisme jaminan layanan keperawatan komunitas, serta issue/kecenderungan yang terjadi; dan atau prasyarat untuk mengikuti mata kuliah keperawatan komunitas II. Pengalaman belajar meliputi lecture, diskusi (SGD), PjBL, pembahasan kasus dan praktikum.
- Pengajar: Prodi S1 Ilmu Keperawatan
- Pengajar: Prodi S1 Ilmu Keperawatan
- Pengajar: desi kurniawati
Mata kuliahini merupakan lanjutan dari mata kuliah keperawatan jiwa 1. Dalammatakuliah ini dibahas tentang asuhan keperawatan pada klien yang mengalami ganguan jiwa. Recovery dari gangguan jiwa dengan pendekatan holistik dan person-centered care merupakanfokusdalammatakuliah ini, termasukhubungan terapeutik secara individu dan dalam koteks keluargadan penerapan terapi modalitas keperawatan. Asuhan keperawatan jiwa pada kelompok khusus serta pada klien pengguna NAPZA juga merupakan bahasan pada mata kuliah ini. Pengalaman belajar ini akan berguna dalam memberikan pelayanan/asuhan keperawatan jiwa dan integrasi kepeerawatan jiwa pada area keperawatanlainnya
- Pengajar: Prodi S1 Ilmu Keperawatan
- Pengajar: Nuria Muliani
Mata kuliah ini adalah mata kuliah keahlian keperawatan yang berfokus kepada respon anak dan keluarganya pada setiap tahap perkembangan mulai lahir sampai akhir masa remaja baik dalam keadaan sakit kronis dan kondisi terminal serta berkebutuhan khusus, di masyarakat ataupun dirawat di rumah sakit, serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri maupun kolaboratif.
Mata kuliah ini juga merupakan integrasi dan penerapan ilmu keperawatan dasar dan ilmu dasar keperawatan yang membantu mengantarkan mahasiswa untuk mendalami tentang bagaimana melakukan asuhan keperawatan profesional (holistik), memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi bagi klien/keluarganya dengan menerapkan komunikasi efektif, serta membuat keputusan dengan mempertimbangkan aspek legal dan etik.
Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep dengan pendekatan proses keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft sklills) melalui beberapa model belajar yang relevan.
- Pengajar: Prodi S1 Ilmu Keperawatan
- Pengajar: desi kurniawati
- Pengajar: Prodi S1 Ilmu Keperawatan
- Pengajar: Elmi Nuryati